Kamis, 26 Januari 2012

Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet

a. Browser
         Browser adalah sebutan yang di berikan kepada sebuah software yang dipakai untuk mengaksesWorld Wide Web (WWW). WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai format (multimedia). Untuk mengakses layanan WWW dari sebuah komputer (yang disebut WWW server atau web server) digunakan program web client yang disebut web browser atau browser saja. Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah : Netscape Navigator/Comunicator,Internet Explorer, NCSA Mosaic. Arena,Lynx, dan lain-lain.
Software ini yang paling sering dipakai sebab sebagian besar informasi di internet berjenis World Wide Web (WWW) atau disebut juga website. Contoh browser yaitu Internet Explorer dan Netscape Navigator. Browser ini sering disebut juga dengan sebutan Cliebt Tampilan Internet Explorer dan Funsi Tools-nya.
 
b. E-Mail Client
   E-mail Client adalah sebuah software yang dimanfa'atkan untuk membaca,menulis dan mengirim    surat elektronik (e-mail).                                                                                                         
Contoh software e-mail Client Mirosoft Outlock dan Netscape Computer.
c. IRC Client
 
        IRC Client adalah  singkatan dari Internet Relay Chat yaitusoftware yang berfungsi untuk membantu kita berbincang-bincang secara langsng (real time) lewat media teks dengan banyak orang diseluruh dunia.
Contoh software IRC Client yang populer yaitu mIRC.
d. Dial Up Networking
           Dial Up Networkingadalah software yang akan menghubungkan komputer pribadi kita dengan jaringan internet global lewat sebuah internet Service Provide.Software ini hanya menyuruh kita untuk memasukan nomor telepon, username, dan pasword yang pada akhirnya ia akan mengirimnya ke ISP supaya kita bisa berhubungan dengan internet.
e. Surfing/ Browsing
    Surfing merupakan istilah umum yang di gunakan bila menjelajahi dunia maya atau web. Tampilan web yang sangat artistik yang tidak hanya menampilkan teks tapi juga gambar-gambar yang ditata sedemikian rupa sehingga selalu membuat  betah bnetter untuk surfing berjam-jam. Karnba itu para netter harus sangat memperhitungkan recana web mana saja yang akan di kunjungi atau batasi informasi yang ingin di akses, karna bila tidak netter akan tersesat kedalam rimba informasi yang maha luas.
f. Langkah-langkah daam Browsing
    a. Klik double pada icon Internet Eksplorer.
    b. Pastikan nama situs yang akan anda browsing, mis. Situs berita islam eramuslim
    c. Ketik nama situs tersebut pada kolom addres (contoh, www.eramuslim.com)
    d. Tekan 'enter'. Atau klik tombol Go
    e. Tunggu beberapa sa'at hingga tampilan keseluruhan selesai dan tertulis 'Done' di Status Bar. ( tampilannya akan seperti di bawah ini).
     f. Jika ingin membuka halaman baru dengan page yang sama, daat dilakukan dengan cara: klik File pada menu, klik new, dan klik Window. Atau dengan Menekan tombol Ctrl+N.
     g. Jika sudah selesai, internet Eksplorer ditutup dengan cara mengklik 'Close' pada menu files.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar